Kerusakan
mental manusia di tahun 1960-an telah diambang pintu kehancuran, dilanda
arusnya nafsu hingga manusia tenggelam dalam lautan munkarat akibat dari
kebodohannya tentang keimanan (kesadaran) kepada Allah SWT wa Rasulihi SAW.
Kehidupan
manusia sudah tidak lagi mengindahkan nilai-nilai ajaran agama, sehingga
melahirkan manusia-manusia yang amoral (tidak berakhlakul karimah). Di tengah
kehidupan manusia yang kehilangan pegangan hidupnya itulah, tampil seorang yang
sangat perhatian akan kelangsungan keselamatan kehidupan manusia di dunia dan
akhirat. Beliau adalah Abdoel Majid Ma’roef, seorang kiai yang sangat bersahaja
dan tawadhu’.
Keprihatinan
beliau terhadap kondisi kehidupan manusia yang semakin jauh dari Allah SWT
dibuktikan dengan riyadhoh yang begitu luar biasa beliau lakukan. Segala jenis
dan macam doa beliau amalkan untuk memperbaiki atau membangun mental (akhlak)
manusia yang hampir di jurang kehancuran. Karena kesungguhan Mbah K.H. Abdoel
Majid Ma’roef RA dalam bermunajat kepada Allah SWT, sekitar awal bulan Juli
1959, beliau menerima suatu alamat ghaib ---istilah beliau--- dalam keadaan
yaqudhotan (sadar dan terjaga), bukan dalam keadaan mimpi. Maksud dari alamat
ghaib tersebut adalah “supaya ikut berjuang memperbaiki mental masyarakat lewat
jalur bathiniyah”.
Setelah
menerima alamat ghaib tersebut beliau sangat prihatin, kemudian beliau
mencurahkan atau memusatkan kekuatan bathiniyah, bermujahadah
(bersungguh-sungguh) dalam bertaqarrub (mendekatkan) diri kepada Allah SWT,
memohon bagi kesejahteraan umat masyarakat, terutama perbaikan akhlak dan
kesadaran kepada Allah SWT wa Rasulihi SAW. Doa-doa atau amalan yang belaiu
perbanyak adalah doa sholawat, seperti; Sholawat Badawiyah, Sholawat Nariyah,
Sholawat Munjiyat, Sholawat Masisiyah dan sholawat yang lainnya. Boleh
dikatakan, bahwa hampir seluruh doa yang beliau amalkan untuk memenuhi maksud
alamat ghaib tersebut adalah doa sholawat.
Dimanapun dan
kapanpun beliau berada, senantiasa beraudensi (berhubungan) dengan Allah SWT
dengan membaca sholawat, sehingga tidak ada waktu sedetik pun terlewatkan tanpa
berhubungan kepada Allah SWT. Ketika bepergian dengan sepeda ontel (kayuh)
beliau memegang setir sepeda dengan tangan kiri, sedang tangan kanan beliau
masukkan ke dalam saku baju untuk memutar tasbih. Untuk amalan Sholawat Nariyah
misalnya, beliau sudah terbiasa mewiridkannya dengan bilangan 4444 kali dalam
tempo lebih kurang 1 (satu) jam. Untuk meningkatkan taqarrubnya kepada Allah
SWT disamping riyadhoh-riyadhoh yang telah dilaksanakan, beliau juga melakukan
puasa-puasa sunah terus-menerus.
Tenggat empat
tahun setelah melakukan riyadhoh dan munajat dengan penuh kesungguhan bagi
keselamatan umat manusia, pada awal tahun 1963 beliau menerima alamat ghaib
lagi seperti yang beliau terima pada tahun 1959. Alamat yang kedua ini bersifat
peringatan terhadap alamat ghaib yang pertama, yaitu supaya cepat-cepat ikut
berusaha memperbaiki akhlak masyarakat melalui saluran bathiniyah. Maka beliau
pun meningkatkan mujahadahnya, bermunajat kepada Allah SWT, sampai-sampai
kondisi fisik beliau seringkali terganggu (sakit-sakitan). Namun, hal itu tidak
mengurangi semangat beliau dalam bertaqarrub kepada Allah SWT. Bahkan beliau
terus meningkatkan perjuangan bathiniyahnya.
Tidak
berselang lama dari alamat ghaib yang kedua itu ---masih di tahun 1963---beliau
menerima alamat ghaib dari Allah SWT untuk yang ketiga kalinya. Alamat yang
ketiga ini jauh lebih keras lagi dari alamat yang pertama dan kedua. Berikut
penuturan beliau dalam bahasa Jawa: “Malah kulo dipun ancam menawi mboten
enggal-enggal nglaksanaaken” (Bahkan saya diancam kalau tidak cepat-cepat
melaksanakan). “Saking kerasipun peringatan lan ancaman, kulo ngantos gemeter
sak bakdanipun meniko” (Karena kerasnya peringatan dan ancaman, saya sampai
gemetar sesudah itu).
Selanjutnya
beliau pun prihatin lagi dan terus meningkatkan mujahadahnya, memohon kehadirat
Allah SWT. Dalam situasi bathiniyah yang senantiasa bertawajjuh (mengarah)
kepada Allah SWT wa Rasulihi SAW itu ---masih di tahun 1963--- beliau menyusun
suatu doa sholawat. “Kulo lajeng ndamel oret-oretan” (Saya lantas membuat
coret-coretan), istilah beliau, maka tersusunlah Sholawat Ma’rifat (Allohumma
kama anta ahluh dst.). Penjelasan secara rinci dan lengkap tentang penyusunan
Sholawat Wahidiyah akan dibahas pada bab lain.
Betapa besar
perhatian dan kecintaan Mbah K.H. Abdoel Madjid Ma’roef RA kepada umat manusia.
Saking cinta dan kasihnya, beliau rela untuk melakukan riyadhoh yang begitu
berat, lahiriyah dan bathiniyah beliau benar-benar hanya difokuskan untuk
bermujahadah, bermunajat kepada Allah SWT guna mengemban misi yang begitu mulia
dari Allah SWT untuk menyelamatkan akhlak manusia dari kebinasaan.